Sejarah Hari Ini

11 Juni 1860: Belanda Hapus Seluruh Kerajaan di Pulau Kalimantan

Sejarah Hari Ini

11 Juni 1860: Belanda Hapus Seluruh Kerajaan di Pulau Kalimantan
TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

Sejarah Hari Ini

11 Juni 1860: Belanda Hapus Seluruh Kerajaan di Pulau Kalimantan

Thursday, June 11, 2015 06:32 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior

Pada 11 Juni 1860, tercatat sebagai penghapusan seluruh kerjaaan di Pulau Kalimantan oleh Pemerintah Kolonial Belanda.

Seperti dilansir Historia, Kamis (11/6/2015), pada 11 Juni 1860 Residen Belanda di Banjarmasin F.N. Nieuwenhuijzen memutuskan untuk menghapuskan seluruh kerajaan yang ada di Kalimantan. Hal ini juga berlaku bagi Kesultanan Banjar yang dipimpin oleh Sultan Tamjidillah.

Sultan Tamjidillah dari Kesultanan Banjar merupakan sekutu Belanda di Pulau Kalimantan. Tetapi, tampaknya Belanda sudah bulat akan keputusannya untuk menghapuskan seluruh kerajaan di sana.

Penghapusan ini bukan berarti pengahpusan secara keseluruhan, hanya saja mulai saat itu seluruh kerajaan di Kalimantan tidak punya kekuasaan politik. Fungsi raja atau sultan kini hanya sebagai simbolis saja.

Belanda mengeluarkan keputusan itu setelah terjadi Perang Diponegoro di Pulau Jawa dan Perang Paderi di Minangkabau. Saat itu Belanda sukses membuat Kesultanan Yogyakarta dibatasi kewenangannya agar mudah diurus.

Kesuksesan di Kesultanan Yogyakarta itulah yang menjadikan bahan rujukan bagi F.N. Nieuwenhuijzen untuk menghapus kekuasaan politik seluruh kerajaan di Kalimantan.
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved