Sejarah Hari Ini: 30 April 1789 George Washington disumpah Jadi Presiden AS Pertama Sejarah Hari Ini: 30 April 1789 George Washington disumpah Jadi Presiden AS Pertama
TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

Sejarah Hari Ini: 30 April 1789 George Washington disumpah Jadi Presiden AS Pertama

Thursday, April 30, 2015 16:42 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior

30 April 1789 adalah saat ketika Washington disumpah sebagai AS presiden pertama

George Washington adalah Presiden Amerika Serikat (1789–1797) yang pertama. Komandan Angkatan Darat Kontinental selama Perang Revolusi Amerika, dan salah satu Bapak Pendiri Amerika Serika. Dia memimpin konvensi yang merancang Konstitusi Amerika Serikat.

Ayah George Washington meninggal dunia pada usianya menginjak 11. George Washington mula mula bekerja sebagai mantri ukur, ia lalu masuk tentara pada usia 21 tahun, dan diangkat menjadi Letnan Kolonel saat mengikuti wajib militer oleh Gubernur negara bagian Virginia. Menikah tahun 1759 dengan Martha Dandridge Custis Washington, George Washington mengurus perkebunannya yang luas di Virginia dan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Virginia, hingga Revolusi Amerika pecah. George Washington merupakan anggota perkumpulan rahasia Freemasonry.

Ketika berumur 33 tahun, ia memilih untuk memihak rakyat negara bagian Virginia yang memberontak melawan orang-orang Inggris yang mengeluarkan undang - undang yang tidak adil menurut perdapat rakyat Virginia. Ia pun bertugas memimpin tentara Virginia. Pada tahun 1775 ia diangkat menjadi Panglima Tertinggi oleh Kongres Kontinental, yaitu Kongres ke-13 daerah jajahan Kerajaan Inggris.

Pada tahun 1776 Revolusi Kemerdekaan Amerika pecah dan Kongres Kontinental mengeluarkan Deklarasi Kemerdekaan dan memisahkan diri dari Kerajaan Inggris. Kepemimpinan George Washington berkontribusi banyak dalam keberhasilan daerah-daerah jajahan di Amerika memperjuangkan kemerdekaannya. Pada tahun 1783 Inggris mengakui kemerdekaan Amerika Serikat, George Washington keluar dari tentara. Empat tahun kemudian pada 1787 ia menjadi Ketua Konvensi Konstitusional.

Pada tahun 1789 setelah Konstitusi disahkan, ia dipilih dengan suara bulat menjadi Presiden Amerika yang pertama. Ia menjalankan dua masa jabatan dari tahun 1789 hingga tahun 1797, didampingi oleh John Adams sebagai wakil presiden. Dalam pidato perpisahannya pada tahun 1797, ia menyerukan kepada rakyat Amerika Serikat agar meninggalkan rasa kepartaian dan rasa kedaerahan yang berlebih-lebihan.

George Washington meninggal dunia di rumah sekitar pukul 10 malam pada hari Sabtu 14 Desember 1799, saat berusia 67 tahun. Dalam jurnalnya, Lear mencatat kata-kata terakhir Washington sebagai "'Tis baik."

Di seluruh dunia, laki-laki dan perempuan sedih dengan kematian Washington. Konsul Pertama Republik Perancis, Napoleon Bonaparte (1769-1821), memerintahkan 10 hari berkabung di seluruh Perancis; di Amerika Serikat, ribuan mengenakan pakaian berkabung selama berbulan-bulan.

Pada tanggal 18 Desember 1799, pemakaman diadakan di Mount Vernon, dan di sanalah tubuhnya dikebumikan. Setelah tiga tahun meletakkan jabatannya sebagai presiden. George Washington tidak memiliki keturunan, hanya seorang anak angkat.

Peristiwa

1492 – Spanyol memberi izin berlayar pada Christopher Columbus.
1786 – William Herschel menemukan galaksi NGC 5566.
1789 – George Washington mulai menjabat sebagai presiden pertama Amerika Serikat.
1803 – Amerika Serikat membeli Louisiana seharga $15 juta dari Perancis.
1838 – Nikaragua memproklamirkan kemerdekaannya dari Federasi Amerika Tengah.
1900 – Hawaii menjadi teritori Amerika Serikat.
1927 – Mary Pickford menjadi selebriti pertama yang membuat cetak telapak kaki di Grauman's Chinese Theater, Hollywood.
1937 – Perempuan di Filipina memperoleh hak untuk memilih.
1938 – Tokoh kartun terkenal Bugs Bunny untuk pertama kalinya muncul dalam film Porky's Hare Hunt.
1938 – Untuk pertama kalinya, Final Piala FA antara Huddersfield Town dan Preston North End disiarkan melalui televisi.
1939 – Stasiun televisi NBC mulai mengudara di New York City, AS.
1945 – Perang Dunia II: Adolf Hitler dan Eva Braun bunuh diri setelah menikah 1 hari sebelumnya. Pasukan Soviet mengibarkan bendera kemenangan di Gedung Reichstag.
1948 – Organisasi Negara-Negara Amerika didirikan di Bogotá, Colombia.
1966 – Gereja Setan didirikan di San Francisco, California.
1975 – Perang Vietnam:
Kota Saigon di Vietnam Selatan ditaklukkan kaum Viet Cong.
Perang Vietnam secara resmi berakhir dengan penyerahan tanpa syarat Presiden Vietnam Selatan Duong Van Minh.
1980 – Ratu Belanda, Juliana, menyerahkan tahta kerajaan kepada puterinya, Beatrix.
1993 – CERN mengumumkan bahwa protokol World Wide Web menjadi protokol bebas.
1995 – Presiden Amerika Serikat Bill Clinton menjadi presiden AS pertama yang berkunjung ke Irlandia Utara.
1999 – Kamboja menjadi anggota ASEAN ke-10.
2009 – Tujuh orang tewas dan 17 lainnya cedera saat perayaan Hari Ratu di Apeldoorn, Belanda, dalam upaya percobaan pembunuhan terhadap Ratu Beatrix.
2013 – Ratu Belanda, Beatrix, menyerahkan tahta kerajaan kepada puteranya, Raja Willem-Alexander.
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved