TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Radiasi Nuklir Fukushima Membunuh dalam Satu Jam

Tuesday, April 14, 2015 21:26 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior

Data yang dihimpun oleh sebuah robot di pusat fasilitas nuklir Fukushima mengungkapkan bahwa radiasi nuklir di wilayah tersebut masih sangat tinggi dan bisa membunuh manusia hanya dalam waktu satu jam.

Dilansir RT News, perusahaan operator nuklir Tokyo Electric Power Co (TEPCO) mengumumkan penemuan tersebut setelah mengirimkan sebuah robot pada Jumat (10/4) ke dalam sebuah reaktor Fukushima yang meleleh untuk mencatat data radiasi nuklir. Data yang dihimpun sang robot menunjukkan hingga pekan ini radiasi nuklir mencapai 9,7 sievert per jam.

Robot tersebut direncanakan dapat menjelajahi sejumlah wilayah di fasilitas nuklir Fukushima selama 10 jam. Namun, robot tersebut hanya berfungsi selama tiga jam, sebelum mati dan tidak dapat berfungsi lagi.

Namun, robot setinggi 60 sentimeter ini berhasil mengumpulkan data suhu, tingkat radiasi, dan gambar dari enam lokasi di lantai pertama di bawah reaktor. Dikendalikan dari jarak jauh, robot tersebut menggungkapkan data radiasi mencapai 7,0 hingga 9,7 sievert per jam.

Sementara, data juga menunjukkan suhu dingin, berkisar antara 17,8 hingga 20,2 derajat Celcius.

Juru bicara TEPCO, Teruaki Kobayashi, menilai tingkat radiasi tersebut terlalu tinggi bagi manusia untuk berada di fasilitas nuklir Fukushima, bahkan jika mengenakan pakaian pelindung sekalipun.

Kobayashi menyatakan bahwa data juga mengungkapkan bahwa robot dapat menangani radiasi baik. Tingkat radiasi yang direkam sang robot secara signifikan lebih rendah daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Rekaman video yang dirilis TEPCO menunjukkan sang robot tengah bermanuver di sekitar puing-puing fasilitas nuklir Fukushima yang hancur karena bencana gempa serta tsunami melanda Jepang pada Maret 2011 lalu.



Kobayashi mengungkapkan rencana pengiriman robot kedua ke Fukushima pada Senin (14/4) harus tertunda karena para ilmuwan masih meneliti penyebab rusaknya robot pertama.

TEPCO berencana untuk mengirimkan lebih banyak robot, termasuk robot nirkabel, untuk mencoba mendapatkan data yang diperlukan.

Insiden nuklir Fukushima terjadi saat Jepang dilanda gempa dan tsunami pada Maret 2011, memicu tiga kasus lelehan nuklir dan memaksa 160 ribu warga di sekitarnya mengungsi. Insiden yang disebut terparah sejak bencana nuklir Chernobyl tahun 1986 ini telah mengontaminasi laut, tanah dan udara di Fukushima.

September lalu, Badan Pengawas Nuklir, Nuclear Regulatory Authority (NRA) memberi lampu hijau keoada Pemerintah Jepang untuk mengaktifkan kembali dua reaktor nuklir Fukushima Daiichi pada akhir tahun 2014. Namun, rencana ini tertunda karena radiasi nuklir di kawasan ini masih sangat tinggi.

Korban tewas dalam laporan resmi pemerintah Jepang pada 10 Februari 2014 yang diakibatkan gempa dan tsunami tahun 2011 mencapai 15.884 orang.
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved