TRENDING TOPIC #PARIS ATTACK #USA vs RUSSIA #MOST VIDEO
Follow

atjehcyber thumbkanan

rental mobil di aceh, rental mobil aceh, jasa rental mobil aceh, sewa mobil di aceh, rental mobil banda aceh, sewa mobil di banda aceh

atjehcyber stick

Pintu Kabah Direnovasi, Raja Saudi siapkan Rp.46 Miliar

Monday, April 06, 2015 21:08 WIB

Dibaca:   kali

atjehcyber, atjeh cyber, atjeh news, atjeh media, atjeh online, atjeh warrior, acehcyber, aceh cyber, aceh warrior, aceh cyber online, atjeh cyber warrior

Pemerintah Arab Saudi akan merenovasi dan memasang ulang pintu Kabah di Masjidil Haram, Mekkah. Untuk biaya renovasi dan pemasangan pintu yang terbuat dari emas itu, pemerintah Riyadh akan merogoh kocek hingga setara puluhan miliar rupiah.

Diberitakan Saudi Gazette yang mengutip Makkah Daily berdasarkan laporan dari Pengurus Dua Masjid Suci, biaya renovasi pintu Kabah akan memakan biaya hingga 13,4 juta riyal Saudi, atau lebih dari Rp46 miliar.

Dalam laporan disebutkan, pintu Kabah pertama kali direnovasi pada pemerintahan Raja Abdulaziz pada tahun 1944. Renovasi kedua dilakukan pada masa pemerintahan Raja Khalid dan Raja Fahd.

Tahun 1977, Raja Khalid melihat adanya goresan di bagian bawah pintu saat dia shalat di Masjidil Haram. Dia langsung memerintahkan dibuat pintu yang baru dan Pintu Taubah, pintu kecil di sebelah utara Kabah, diperintahkan di pasang di dalam Kabah, dilapisi dengan emas. Raja Fahd yang mengawasi renovasi itu dan selesai pada kepemimpinannya.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa pintu Kabah didesain pada masa pemerintahan Raja Abdulaziz.


Pintu Kabah terbuat dari alumunium setebal 2,5 cm dan tinggi 3,10 meter. Kemudian alumunium itu dilapisi lempeng perak yang dicelup dalam emas.

Yang paling menonjol dari pintu itu adalah pahatan Islam dan Arab di permukaannya.

Pintu itu memiliki tulisan 15 dari 99 Asmaul Husna atau sifat-sifat Allah menggunakan gaya kaligrafi Thuluth. Tulisan itu dibuat dari perak dan emas, dimulai dari tepian pintu hingga ke tengah.

Di bagian tengah, ada lingkaran-lingkaran berisi tulisan ayat-ayat Al-Quran. Bahkan kunci pintu itu terdapat pahatannya. Untuk membuat pintu tersebut, ahli kaligrafi dan desainer terbaik Arab Saudi dikerahkan agar membuatnya tampak indah.

Saat ini, Saudi tengah melakukan renovasi besar-besaran di Masjidil Haram yang memakan biaya hingga lebih dari Rp258 triliun.

Saudi Gazette | Makkah Daily
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Artikel Pilihan Pembaca :

mobile=show

Copyright © 2015 ATJEHCYBER — All Rights Reserved